pusat belajar    
berita asuransi
Ilmu Asuransi
Glosarry
   Ilmu Asuransi
pusat belajar
  Asuransi Kesehatan
 

Definisi
Adalah kontrak perjanjian antara sebuah perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Isinya, kalau si nasabah mengalami risiko yang berhubungan dengan kesehatannya, maka perusahaan asuransi akan mengganti biaya - biaya kesehatan yang dikeluarkan. Biasanya, penggantian diberikan untuk : rawat inap, operasi, pembelian obat dan rawat jalan.

Tidak semua askes memberi penggantian yang sama. Beberapa produk hanya mengganti rawat inap. Beberapa yang lain menambahnya dengan penggantian operasi. Hanya sebagian kecil produk yang mengganti secara lengkap, mulai dari rawat inap, operasi, obat sampai rawat jalan.

Biaya - biaya kesehatan pada dasarnya terbagi atas :

  1. Biaya Pemeliharaan Kesehatan
    Yaitu biaya - biaya yang harus dikeluarkan seseorang agar kesehatannya tetap terjaga. Contohnya : untuk check up kesehatan, beli vitamin dll
  2. Biaya Rawat Jalan
    Yaitu biaya - biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar konsultasi dokter, bila seseorang sakit.
  3. Biaya Rawat Inap
    Yaitu biaya - biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya - biaya yang berhubungan dengan rawat inap, bila seseorang sakit dan harus diopname.
  4. Biaya Obat
    Yaitu biaya - biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli obat.
  5. Biaya Operasi
    Yaitu biaya - biaya yang harus dikeluarkan bila seseorang harus dioperasi di rumah sakit.

Memilih Asuransi Kesehatan

  1. Sebaiknya pilih askes yang dapat memberikan perlindungan rawat inap secara menyeluruh, tidak hanya penggantian biaya kamar saja, tetapi juga santunan pembedahan, UGD, ambulans dll.
  2. Tetaplah mengambil askes, sekalipun dana Anda terbatas sekali saat ini untuk membayar premi asuransi yang mungkin terasa mahal. Namun pilih yang hanya memberi penggantian biaya kamar RS. Jenis pertanggungan ini punya kelebihan. Bila Anda mengambil jenis dengan biaya kamar sebesar Rp. 300.000,- per hari., misalnya, maka bila Anda masuk RS yang harga kamarnya kurang dari Rp. 300.000,- per hari, tetap saja Anda mendapat dana tunai sebesar Rp. 300.000,- per hari.
  3. Jangan pernah mengambil perlindungan rawat jalan untuk gigi. Biaya yang Anda keluarkan untuk perawatan/ pengobatan gigi Anda dalam setahun ini biasanya lebih kecil dan sama sekali tidak sebanding dengan premi yang Anda bayar.
  4. Jangan pernah juga mengambil askes yang memberikan penggantian biaya persalinan (maternity). Ini karena biasanya premi yang harus Anda bayar akan hampir sama besarnya dengan jumlah klaimnya nanti. Biaya persalinan yang ditawarkan perusahaan asuransi biasanya untuk persalinan biasa (normal maternity) atau persalinan berkomplikasi (complicated maternity).

Keduanya tentu memiliki perbedaan jumlah premi. Biaya untuk persalinan biasa umumnya sekitar Rp. 4 juta, sedangkan persalinan berkomplikasi , bisa Rp 6 juta sampai Rp. 10 juta. Padahal premi yang harus Anda bayar untuk kedua perlindungan tersebut kurang lebih akan sama dengan rata-rata biaya yang harus Anda klaim.

Tambahan lagi, perusahaan asuransi tidak melayani klaim maternity pada tahun pertama Anda membayar premi. Artinya, Anda harus membayar premi sekarang, dan manfaatnya baru bisa Anda terima kalau Anda melahirkan pada tahun yang kedua.

(Sumber : Nova, asuhan : Safir Senduk)


 

PT. Asuransi Sinar Mas © 2007 All Rights Reserved
Resolusi Terbaik pada 1024 x 768