4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Roda 2

Musim hujan sudah mengguyur daerah Jakarta dan sekitarnya. Berkendara saat hujan tidak bisa terelakan bagi setiap orang memiliki kendaraan khususnya sepeda motor. Merupakan momen rentan bagi pengendara motor.

Oleh sebab itu sangat perlu diperhatikan beberapa hal agar aman dan selamat saat berkendara saat hujan :

Gunakan Sepatu

Bagi pengendara motor, mohon agar menggunakan sepatu bukan sandal ataupun nyeker saat berkendara hujan. Perlu diketahui bahwa sepatu adalah salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan pengendara saat kondisi terik maupun hujan.

Fungsi sepatu itu sendiri melindungi area kaki sampai mata kaki dari benturan benda keras serta memberikan kepercayaan diri anda meningkat. Pada saat hujan tepak sepatu umumnya lebih baik daripada sandal untuk membantu pergerakan kaki saat injak foot step. Selain dari menapak saat berhenti, kaki juga berperan penting sebagai alat bantu keseimbangan.

Disarankan menggunakan sepatu bot yang menutupi hingga tulang kering saat riding pas hujan. Jangan sayang sepatu kebasahan ya dibandingkan mengamankan kaki sendiri

Gunakan Jas Hujan

Setelah dari sepatu, hal yang harus diperhatikan yaitu Jas Hujan untuk melindungi tubuh pengendara dari kontak langsung air hujan. Hal ini membuat pengendara tetap aman dari potensi sakit akibat terkena air hujan.

Nah jas hujan yang direkomendasikan yaitu model setelan (baju dan celana) bukan model ponco. Karena model ponco tidak dirancang untuk berkendara dan dapat menjuntai ke bawah bagian motor sehingga bisa menimbulkan tersangkut pada komponen lainnya seperti rantai atau jari-jari motor.

Kondisi Ban

Hal satu ini sangat begitu krusial dan mendapatkan perhatian yang lebih saat berkendara di bawah air hujan. Telapak ban yang botak (habis) menyebabkan daya cengkeram berkurang terhadap aspal dan juga potensi selip hingga terjatuh dari motor lebih besar.

Solusi yang tepat yaitu berkendara dengan kecepatan rendah dan segera ganti ban baru agar lebih aman.

Cara Berkendara

Kalau yang satu ini tidak boleh ditawar dan tidak boleh dilanggar, karena menjadi kunci utama agar selamat berkendara saat hujan.

Berkendara saat hujan harus menjaga kecepatan demi menghindari resiko rem mendadak yang bisa menyebabkan selip ban penyebab kecelakaan. Selain itu, pengendara menyalakan lampu utama, ya kita ketahui bahwa jenis motor jaman sekarang sudah menggunakan sistem AHO (automatic headlight on).

Keberadaan lampu ini merupakan tanda keberadaan dan bentuk komunikasi dengan pengendara lain. Jangan pernah memaksakan diri tetap melanjutkan berkendara saat hujan sangat lebat, sebab licin serta visibilitas berkurang.

Lebih baik anda berteduh hingga hujan reda memungkinkan anda berkendara. Hindari juga genangan air, terkadang pada genangan air tersebut menutupi lubang atau got cukup dalam yang bisa membuat kecelakaan. Genangan air juga memicu aquaplaning yang merupakan situasi sulit dikendalikan para pengendaraan, baik itu pembalap profesional sekalipun.

Jadi bagi anda pengendara motor untuk diperhatikan empat hal di atas ya dan utamakan keselamatan


Sumber :  CNN Indonesia

 

Kembali ke daftar berita >