6 Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani, Sudahkah Anda Penuhi?

Pandemi masih belum berakhir. Ada kalanya kita meningkatkan kebugaran jasmani tubuh agar selalu sehat dan bugar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang. Tingkat kebugaran pun tidak bisa disamakan antara satu orang dan lainnya karena banyak faktor seperti usia, kebiasaan, dan juga pola makan. Setiap kegiatan yang dilakukan manusia setiap harinya berdampak pada kebugaran jasmaninya. Dari beberapa faktor di bawah, tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan yang lain. Jika ada kondisi kurang optimal di salah satu faktor, akan berpengaruh pada kebugaran jasmani secara keseluruhan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani adalah :

1. Kualitas tidur

Kualitas sekaligus kuantitas tidur seseorang sangat berpengaruh terhadap kebugaran jasmaninya. Tidur teratur membantu memastikan jam kerja organ tubuh berfungsi semaksimal mungkin. Selain itu, durasi tidur 8 jam di malam hari dapat mengendalikan kadar hormon, kesehatan mental, memulihkan tenaga, dan banyak lagi. Maksimalkan pula kualitas tidur dengan mengurangi efek cahaya baik dari lampu maupun peralatan elektronik.

2. Nutrisi

Seberapa banyak asupan makanan bergizi Anda setiap harinya? Apapun yang masuk ke dalam tubuh akan menentukan kebugaran jasmani seseorang. Aturan umumnya adalah makan setidaknya 3 kali sehari yang mengandung protein, sayur, lemak sehat, serta karbohidrat berserat. Sebisa mungkin, hindari makanan yang diproses berlebihan. Tak perlu terlalu memperhatikan jumlah kalori yang masuk, namun lebih perhatikan komposisi tubuh dan level energinya.

3. Hidrasi

Mengingat hampir 70% bagian tubuh merupakan cairan, hidrasi juga menjadi faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani. Bayangkan ketika seorang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, tentu tubuhnya tidak bisa berfungsi secara optimal. Cairan juga membantu penyerapan nutrisi serta membantu membuang zat yang tidak berguna. Cara mudah mengidentifikasi apakah asupan cairan sudah tercukupi adalah dengan melihat warna urine. Jika berwarna bening sedikit kekuningan, artinya asupan cairan sudah tercukupi.

4. Kelola stres

Stres menjadi bagian dari hidup setiap individu karena mustahil tidak ada masalah apapun yang dihadapi. Stres kronis dapat mengganggu kesehatan seseorang, tak hanya secara mental. Orang yang stres akan mengalami gangguan tidur, menderita maag, mengurangi aktivitas fisik, dan banyak lagi. Untuk itu, pastikan tahu betul bagaimana cara mengelola stres sesuai preferensi masing-masing. Mulai dari membagi waktu seimbang antara bekerja, rekreasi, dan istirahat. Lakukan hal yang bisa mengurangi rasa stres seperti melakukan yoga atau aktivitas positif lainnya.

5. Aktivitas fisik

Ada banyak cara melakukan aktivitas fisik sesuai kebiasaan masing-masing. Lakukan yang paling disukai sehingga melakukannya secara berkala tak akan terasa bagai beban. Manfaat dari melakukan aktivitas fisik sangat melimpah, mulai dari meningkatkan keseimbangan, memaksimalkan aktivitas otak, dan juga mood membaik. Setidaknya lakukan aktivitas fisik 4-6 kali setiap pekannya. Durasinya bisa disesuaikan dengan kebiasaan. Mulai perlahan dan jika sudah terbiasa, durasinya bisa ditambah.

6. Tinggalkan kebiasaan buruk

Faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani dan tak kalah penting adalah meninggalkan kebiasaan buruk. Sebaiknya kurangi atau eliminasi kebiasaan buruk seperti merokok, begadang tanpa alasan, atau terlalu banyak minum alkohol. Meninggalkan kebiasaan buruk juga merupakan bentuk syukur atas kesehatan yang diberikan Tuhan.

Menjaga kebugaran tubuh tak hanya dilakukan untuk kesehatan fisik saja tapi juga mental. Selain melakukan 6 faktor yang mempengaruhi kebugaran tubuh di atas, pastikan pula menjaga kebersihan lingkungan sehingga memberikan dampak positif. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa memakai masker ya!


Sumber : www.sehatq.com

Kembali ke daftar berita >