Asuransi Sinar Mas dan Berau Coal Menyerahkan Bantuan Alat Kesehatan Kepada RSUD Dolok Sanggul dan 12 Puskesmas di Humbang Hasundutan

Dolok Sanggul, 27 April 2020 - Dalam rangka kepedulian Perusahaan terhadap Pandemi Covid-19, Asuransi Sinar Mas melalui Kantor Marketing Point Agency Dolok Sanggul dan Rumah Kreatif Sinar Mas menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk dokter dan perawat di RSUD Dolok Sanggul dan 12 Puskesmas di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bantuan yang diserahkan untuk RSUD Dolok Sanggul berupa 1.000 tablet multivitamin, 1.000 pcs sarung tangan, dan 40 pcs masker N95. Sementara untuk 12 Puskemas di Humbang Hasundutan mendapatkan total sebanyak 2.760 tablet multivitamin, 2.400 pcs sarung tangan, 1.200 pcs masker medis, 600 pcs masker kain , dan 60 pcs masker N95. Kedua belas Puskesmas yang menerima bantuan alat kesehatan ini adalah Puskesmas Matiti, Puskesmas Hutapaung, Puskesmas Saitnihuta, Puskesmas Sigompul, Puskesmas Paranginan, Puskesmas Baktiraja, Puskesmas Onanganjang, Puskesmas Pakkat, Puskesmas Parlilitan, Puskesmas Bonandolok, Puskesmas Hutagalung dan Puskesmas Tarabintang.

“Pemberian bantuan alat kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian Asuransi Sinar Mas terhadap sumbangsih yang telah diberikan oleh para dokter dan perawat yang bertugas sebagai garda terdepan dalam penanganan Pandemi Covid-19. Keterbatasan alat pelindung kesehatan yang dimiliki menjadikan mereka rentan tertular virus” ujar Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas yang disampaikan oleh Indra Simatupang, PIC Asuransi Sinar Mas MPA Dolok Sanggul beserta Suryani Sihombing, PIC Rumah Kreatif Sinar Mas di Dolok Sanggul.

Asuransi Sinar Mas dan Rumah Kreatif Sinar Mas yang berlokasi Dolok Sanggul, sebagai bagian dari masyarakat Humbang Hasundutan ingin ikut berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam penanganan Pandemi Covid-19 melalui pemberian sumbangan ini.   

Pada kesempatan yang sama diserahkan juga bantuan Face Shield dari Sinar Mas dan PT Berau Coal bagi RSUD Dolok Sanggul dan 12 Puskemas diatas. Face shield yang disumbangkan merupakan hasil buatan dari siswa-siswi Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas Berau). RSUD Sidikalang di Kabupaten Dairi juga turut menerima sumbangan Face Shield karya Poltek Simas Berau.

Poltek Simas Berau merupakan persembahan Sinar Mas dan PT Berau Coal kepada masyarakat Kabupaten Berau dalam rangka meningkatkan pendidikan tinggi di Berau pada khususnya dan di Kalimantan Timur umumnya.

Penyaluran bantuan secara langsung dari Asuransi Sinar Mas, Sinar Mas dan Berau Coal ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian dari keluarga besar Sinar Mas untuk membantu Penanganan Covid-19.

 “Semoga apa yang kami berikan hari ini dapat bermanfaat. Kami sadar di tengah situasi seperti ini, kita juga perlu bergerak bersama dan saling semakin peduli untuk menolong mereka yang terdampak ”, ujar Dumasi.

Jauh sebelumnya Sinar Mas melalui berbagai kelompok usaha Sinar Mas telah berpartisipasi memberikan berbagai bantuan dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 ini, diantaranya Sinar Mas bersama para pengusaha yang tergabung dalam KADIN mengandeng Yayasan Bunda Tzu Chi Indonesia menggalang dana hingga Rp. 500 Miliar, Asia Pup & Paper (APP) Sinar Mas memproduksi masker medis di Indonesia, APP Sinar Mas bersama Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) memberikan 40.000 masker, 1.000 liter minyak goreng Filma, dan obat-obatan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kementrian LKH, SehatQ mengadakan Rapid Test Covid-19 gratis untuk driver ojek online, tenaga kesehatan dan pegawai supermarket, PT Smart,Tbk menyerahkan bantuan 480 liter minyak goreng Kunci Mas, 100 liter cairan disinfektan, dan 15 liter hand sanitizer kepada Pemerintah Kab. Kotabaru dan berbagai bantuan lainnya.

“Bantuan alat kesehatan untuk para tenaga medis juga kami galang dari berbagai kalangan seperti dari sumbangan pribadi keluarga Op. Batara Samosir br Togatorop dan Pomparan berupa 4.000 masker medis, 40 masker N95, 300 APD, 40 pasang safety boots, 80 botol hand sanitizer, 60 box multivitamin yang telah diserahkan untuk RSUD Dolok Sanggul dan RSUD Sidikalang."

Apa yang sudah dilakukan oleh para pengusaha juga dilakukan oleh banyak komunitas dan orang-orang pribadi di lingkungannya masing-masing yang bahkan telah sangat diapresiasi oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi bahkan secara khusus menghimbau agar perbuatan-perbuatan baik diberitakan agar semua orang saling menginspirasi berbuat kebaikan dalam upaya mengalahkan pandemi ini.

"Kebetulan saya bersama teman-teman Alumni Fakultas Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan Bandung juga menggalang dana untuk memberi bantuan berupa Face Shield untuk Tenaga Non Medis di ratusan Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik dari Sumatera hingga ke Papua. Nah salah satunya kami kirimkan juga ke RSUD Dolok Sanggul dan RSUD Sidikalang serta ke beberapa  Puskesmas di Dairi dan bahkan juga ke Samosir. Face Shield ini terlihat sederhana namun sangat berguna di tengah-tengah pandemi ini, sesuatu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya", ujar Dumasi.

Selain itu kebetulan saya kebagian mendapatkan Arisan di komunitas kami "Arisan Sosial Gracia” yang beranggotakan Ibu-Ibu yang berkumpul ber-arisan, namun uang arisan nya digunakan untuk Bakti Sosial setiap bulan nya. Ada 36 orang anggota nya dan setiap bulan 3 orang akan menjadi Tuan Rumah untuk menyelenggarakan Bakti Sosial nya. Nah bulan ini giliran kami bertiga sebagai Tuan Rumah (Dumasi Samosir Wongso, Lina Samosir Prasetyo dan Emmy Butarbutar Chen) dan kami pun memilih 4 aktivitas utama dalam Baksos kami kali ini, salah satu nya penyerahan 200 APD ke RSUD Dolok Sanggul dan 200 APD serta berbagai donasi lainnya ke RS PGI Cikini, ke GPIB di Tangerang serta bantuan sembako dan masker kepada Ojol dan ratusan masyarakat marginal lainnya", tambah  Dumasi.

Hal ini semakin menunjukkan bagaimana saat ini semua pihak berusaha saling bergotong royong menghimpun upaya untuk berbuat bagi masyarakat sekitar.

Semangat gotong royong juga ditunjukkan oleh keluarga besar Sinar Mas melalui Paguyuban Sinar Mas. Paguyuban Karyawan Sinar Mas melakukan penggalangan dana melalui platform Pedulisehat.id. Seluruh dana yang terkumpul nantinya akan dibelikan Alat Perlindungan Diri (APD) dan distribusikan kepada rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan Covid-19. Melalui program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19, seluruh karyawan Sinar Mas juga diajak berbagi rezeki dan berdonasi untuk membantu sesama keluarga besar Sinar Mas yang terdampak seperti buruh pabrik, office boy dan lain-lain. Penggalangan juga dilakukan melalui platform Pedulisehat.id.

Pedulisehat.id merupakan platform penggalangan dana dan donasi online. Melalui #salingpeduli melawan corona, saat ini terdapat 16 kampanye di Pedulisehat.id dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak baik influencer hingga Yayasan.

Link Berita Serupa :
- Warta Ekonomi
- Infobank
- Neraca
- Investor
- IQ Plus
- Lantai Bursa
- Media Profesi
- Investing
- Bening Post
- SWA
- Mitra Today
- Dairi

Kembali ke daftar berita >