Asuransi Sinar Mas Selenggarakan Dua Pelatihan Kewirausahaan Pangan untuk Ciptakan Wirausaha Baru

Doloksanggul,  01 Desember 2016, PT.  Asuransi Sinar Mas melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)  berupa  pelatihan kewirausahaan pangan untuk masyarakat Humbang Hasundutan. Pelatihan ini diikuti oleh para petani kopi serta masyarakat yang memiliki UMKM.

Pelatihan terdiri dari Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk (Packaging, Branding, Labelling)  dan Pelatihan Inovasi dan Diversifikasi Produk Berbasis Kopi. Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk ditujukan untuk memberikan pengetahuan mengenai manfaat kemasan untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Peserta juga diharapkan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk pembuatan dan pendaftaran merek.  
Pelatihan Inovasi dan Diversifikasi Produk Berbasis Kopi ditujukan kepada para petani kopi agar mereka memiliki keterampilan untuk mengolah biji kopi menjadi beraneka ragam produk.  Selama ini sebagian besar petani kopi di Humbang Hasundutan mendapatkan penghasilan dari penjualan hasil panen dalam bentuk biji kopi saja. Dengan pelatihan ini, petani diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah biji kopi tersebut misalnya berbagai aneka produk olahan kopi termasuk juga pengemasan produknya.  
“Pemerintah Kabupaten mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pelatihan ini dan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Asuransi Sinar Mas untuk masyarakat Humbang Hasundutan. Kopi dari Humbang Hasundutan merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dengan pengolahan dan pengemasan produk yang baik , kami berharap produk kopi dari Humbang akan lebih dikenal lagi “, jelas Dosmar Banjarnahor, SE, Bupati Humbang Hasundutan dalam kata sambutannya di pembukaan pelatihan.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Humbang Hasundutan, Lydia Kristina Dosmar Banjarnahor dalam kata sambutannya juga menyambut baik pelatihan yang diadakan oleh Rumah Kreatif PT. Asuransi Asuransi Sinar Mas. “ Saya selaku Ketua Dekranasda berkewajiban mengangkat dan memotivasi seluruh upaya peningkatan kualitas dan daya saing produk olahan kerajinan. Galeri kita sudah ada di Bandara Silangit yang dapat menampung dan memasarkan produk terbaik kita. Harapan saya agar selama pelatihan ini peserta dapat mengikuti dengan serius dan menyerap semua pengetahuan yang diberikan oleh pengajar untuk pengembangan usaha”, ungkap Lydia Kristina Dosmar Banjarnahor.

Pelatihan  dilaksanakan di kantor Asuransi Sinar Mas di Jl. Siliwangi No. 32, Doloksanggul dan akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 01 Desember 2016. Kegiatan ini  merupakan bagian dari Program Kegiatan Sentra Kriya di Rumah Kreatif PT.  Asuransi Sinar Mas.  Rumah Kreatif Asuransi Sinar Mas merupakan wadah untuk semua kegiatan CSR PT. Asuransi Sinar Mas di kabupaten Humbang Hasundutan.  Ada 5 sentra yang ada di Rumah Kreatif ASM,  yaitu sentra buku,  sentra bermain,  sentra komputer,  sentra audio visual/panggung dan sentra kriya.  

Dalam kata sambutannya, Dumasi M M Samosir , Direktur Asuransi Sinar Mas menjelaskan bahwa Rumah Kreatif ASM didirikan sebagai dukungan perusahaan atas Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan dengan Kementerian Pariwisata mengenai Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata melalui Peningkatan Peran Lembaga Jasa Keuangan, dimana salah satu dari 10 destinasi wisata yang akan dikembangkan adalah kawasan wisata Danau Toba.
“Rumah Kreatif berkomitment untuk membantu pemberdayaan masyarakat di Humbang Hasundutan melalui berbagai kegiatannya. Sebelum pelatihan ini, pada akhir bulan Juli 2016, Rumah Kreatif juga telah melakukan Pelatihan Teknik Ikat Celup (tie-dye) dan Pembuatan Kemasan berbasis Eco Fashion”, ujar Dumasi
 
“Kami berharap dari setiap program pelatihan yang dilakukan oleh Rumah Kreatif bisa muncul calon-calon pengusaha mikro. Pada pelatihan sebelumnya , ada 3 peserta yang sudah mampu menghasilkan kain-kain indah dengan menggunakan  teknik tie-dye dan bahan pewarna alami. Hasil karya mereka  telah dipromosikan dan mendapatkan sambutan antusias. Ke depan, Rumah Kreatif tetap berkomitment untuk memberikan pendampingan agar mereka bisa mandiri”, tambah Dumasi.

Di hari terakhir pelatihan, para peserta pelatihan diversifikasi produk berbasis kopi telah dapat membuat kopi dengan berbagai macam pilihan rasa serta dalam aneka ragam kemasan. Beberapa jenis kopi yang dihasilkan diantaranya Kopi Humbang rasa jahe, Kopi Humbang rasa kacang, Kopi Humbang rasa capucino, Kopi Humbang rasa machiato, Kopi Humbang rasa vanilla late, dll.

Demikian juga halnya, peserta  pelatihan kemasan, di akhir pelatihan telah berhasil membuat kemasan produk dengan desain baru yang lebih menarik serta sekaligus menata  produknya dalam kemasan baru.

Dumasi menjelaskan bahwa semua peserta setelah akhir pelatihan diharapkan dapat langsung mempraktekkan ilmu yang didapat selama 3 hari pelatihan. Produk yang dihasilkan juga nantinya bisa langsung dipasarkan untuk mendukung kegiatan Natal Nasional 2016 yang akan diadakan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Selain pelatihan berbagai keterampilan untuk pemberdayaan masyarakat, Rumah Kreatif Asuransi Sinar Mas pada tahun 2017 juga akan memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai perencanaaan keuangan

Kembali ke daftar berita >