Ini 5 Tips Berkendara Saat Musim Hujan

Jabodetabek sedang masuk dalam fase intensitas curah hujan yang tinggi. Hari senin kemarin, kota Jakarta mendapatkan kiriman banjir dari kabupaten Bogor karena debit air di bendungan Katulampa meningkat.

Hal ini berimbas ke beberapa daerah bantaran kali Ciliwung terkena banjir. Ditambah belakangan ini sepanjang hari hujan terus mengguyur ibu kota.

Ketika intensitas hujan meningkat dan bulan Februari menjadi puncaknya, sangat diperlukan kewaspadaan bagi kita saat menggunakan kendaraan bermotor. Ada tips mengemudi aman saat musim hujan seperti sekarang ini.

1. Kurangi Kecepatan
Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan untuk diri kita dan pengendara lainnya. Saat mendadak hujan deras turun akan ada perubahan pada saat itu seperti psikologis serta emosi kita. Pengemudi harus mengaktifkan wiper atau lampu kota untuk kendaraan mobil dan mencari tempat berteduh bagi pengendara motor. Hal ini akan membuat hiruk pikuk lalu lintas akan semerawut. Alangkah baiknya setiap pengendara mengurangi kecepatan serta memberi isyarat kepada pengendar lainnya di depan maupun di belakang.

2. Jaga Jarak Aman
Sebaiknya saat berkendara mempunyai jarak dengan kendaraan lain minimal 10 meter untuk keamanan. Hal ini menghindari kita dari kejadian yang tidak diinginkan seperti terjebak lubang atau sesuatu yang dapat merugikan kendaraan anda. Jangan langsung terobos genangan air tetapi amati kendaraan di depan kita untuk mengetahui kondisi jalan tersebut.

3. Tetap di Jalur Tidak Tergenang
Ada beberapa wilayah di kota Jakarta tidak memiliki kontruksi jalan yang baik (rusak). Saat hujan deras, jalanan yang rusak akan tergenangi air karena bagian paling rendah. Bila kita terus memaksakan melawati jalur tersebut, semua air dan kotoran yang ada bisa merusak komponen yang ada dikendaraan anda, karena itu ada baiknya untuk tidak melewati jalanan yang rusak tersebut serta kita juga bisa terhindar dari kecelakaan diri.

4. Hindari Penggunaan Rem Saat Deselerasi
Saat kendaraan melewati genangan, agar menjaga kestabilan kecepatan tidak perlu ngebut. Bila ingin mengurangi kecepatan lebih baik tidak menggunakan rem, cukup hanya dengan mengurangi gas kendaraan anda saja untuk menghindari gejala slip rem yang mengunci.

Setelah sudah melewati dari genangan air, Anda dapat memeriksa kinerja rem dengan menginjak pedal rem secara perlahan-lahan saat kendaraan sedang berjalan.

5. Memegang Setir dengan Baik
Berkendaraan saat hujan dan harus melewati genangan untuk setiap pengemudi memegang erat kendali kemudi (setir) demi menghindari terjadi ban kehilangan traksi.

Hujan turun kerap datang tanpa kita ketahui, waspada dan siap siaga menjadi hal paling penting saat mengemudi. Semoga 5 tips ini dapat membantu dan memberi informasi berkendara saat musim hujan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh anda ya

Kembali ke daftar berita >