Lakukan 4 Cara Ini Agar Tetap Fit Di Musim Hujan

Intensitas hujan turun akhir-akhir ini sudah sangat tinggi yang diperkirakan hingga pada bulan Febuari 2018. Harus memberikan perhatian ekstra agar tidak menganggu rutinitas kegiatan keseharian kita. Saat berangkat kehujanan, pulang pun kehujanan sehingga membuat daya tahan tubuh kita menurun yang berdampak akan rentan sakit.

Pada saat musim hujan seperti ini merupakan peluang besar mikroorganisme menyerang tubuh manusia yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun hingga sakit. Kunci utama mencegah masuk mikroorganisme menyerang tubuh kita yaitu dengan memiliki daya tahan tubuh prima dan fit.

Berikut beberapa saran agar tetap sehat saat musim hujan dan wajib dilakukan :

a) Jaga Pola Makan
Gizi yang cukup menjadi aspek utama bagi daya tahan tubuh terbentuk, bila kekurangan nutrisi maka secara otomatis menurunnya daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk tubuh maka harus memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi kabohidrat, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, serta minum air putih.

Selain itu juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi prrobiotik seperti yogurt, tahu, tempe, dan acar agar membantu menjaga sistem pencernaan dan terhindar infeksi flu dan diare.

b) Olahraga
Sederhana dan sangat mudah dilakukan namun mempunyai dampak yang besar serta manfaatnya dirasakan oleh tubuh. Latihan fisik minimal 30 menit dapat mengaktifkan sel darah putih yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari ancaman infeksi, penyakit menular, dan serangan zat asing berbahaya.

Hal penting untuk diingat dan ditanamkan, olahraga tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan, namun juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Jadi saat hujan masih tetap bisa dilakukan ya.

c) Jaga Kualitas Tidur
Tidur merupakan waktu reses tubuh dalam memulihkan seluruh sistem anggota badan. Oleh karena itu sangat penting kita menjaga kualitas tidur atau istirahat agar pulihnya metabolisme tubuh kita.

Anak-anak usia 3-5 tahun membutuhkan 10-13 jam untuk tidur, usia anak dari 6-13 tahun diperlukan tidur 9-11 jam. Saat memasuki usia remaja 14-17 tahun butuh 8-10 jam, sedangkan pada skala orang dewasa 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Lalu untuk para lanjut usia direkomendasikan istirahat selama 7-8 jam sehari.

d) Kelola Stres
Musim hujan identik dengan banjir dan macet khususnya di ibu kota Jakarta ditambah dengan diomelin bila terlambat datang ke kantor ataupun sekolah. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami stres yang berdampak secara fisiologis seperti gelisah, detak jantung meningkat, dan mudah letih.

Cara agar hal itu tidak terjadi, lakukan dengan salah satu cara yaitu mengelola stres. Memenangkan diri dengan relaksasi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun, membiarkan tubuh menerima rangsangan berupa suara, bau, atau sentuhan.

Semoga keempat tips diatas dapat membantu dalam membentengi tubuh kita dari serangan macam penyakit saat musim hujan berlangsung. Be Healthy and Wealthy

Kembali ke daftar berita >