Tips Mencuci Baju Tidak Apek Selama Musim Hujan

Datangnya hujan berturut-turut membuat pakaian di jemuran tak kunjung kering dan semakin menumpuk. Cahaya matahari di siang hari pun kadang jadi tertutupi awan mendung. Alhasil, cucian yang sudah bersih dan juga wangi jadi tidak kering maksimal. Awas, kalau kondisinya seperti itu, pakaian seluruh penghuni rumah bisa jadi bau apek.

Bau itu sendiri tidak dapat hilang dengan parfum dan pewangi baju untuk menyetrika. Oleh sebab itu, yuk baca tips mencuci serta menjemur pakaian di kala hujan berikut ini.

1. Pisahkan Baju Sesuai Ketebalan

Kotoran yang masih menempel pada pakaian merupakan salah satu hal yang menjadi sumber bau. Itu mengapa, saat mencuci, pisahkanlah pakaian tidak hanya berdasarkan warna namun juga ketebalan bahan. Hal ini akan membuat proses pencucian lebih maksimal.

2. Menambahkan pewangi pakaian

Selain deterjen, Anda juga menambahkan pewangi pakaian pada bilasan terakhir cucian Anda atau saat menyetrika pakaian tersebut sehingga mampu mengusir bau karena kurang matahari.

3. Gunakan mesin pengering

Pengering yang terdapat pada mesin cuci dapat membantu memeras air pada pakaian hingga kadar minimal. Jangan lupa untuk menggunakannya setelah melakukan proses pencucian. Bila curah hujan sedang tinggi-tingginya, gunakan setting pengering dengan putaran yang cukup lama.

4. Tidak menumpuk cucian

Pakaian yang dicuci menumpuk akan membuat ruang menjemur semakin padat. Menjemur pakaian terlalu rapat dan padat juga akan membuat pakaian lama mengering dan lembab.

5. Segera setrika baju agar tidak lembab dan muncul bau apek

Segera rapikan dan menyetrika pakaian yang sudah kering dan menyimpannya di tempat yang kering sehingga tidak memicu bau apek pada pakaian Anda.

Nah, tips-tipsnya sangat mudah, bukan? Jangan lupa dicoba yaa!

Kembali ke daftar berita >