Yuk Rasakan 8 Manfaat Buah Salak Untuk Tubuh Anda

Bagi orang Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan buah salak. Buah satu itu, memang kurang menarik dari segi tampilannya tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Selain dari rasanya manis dan sedikit asam, buah salak adalah sumber nutrisi vitamin serta mineral. Mengandung nutrisi seperti protein, beta-karoten, vitamin c, serat makanan, zat besi, kalsium, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan beta-karoten dalam salam merupakan antioksidan kuat dan baik bekerja mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, bahkan kanker. Ternyata kandungan beta-karoten dalam salak lima kali lebih besar dari semangka, mangga, dan tiga kali lebih banyak dari jambu biji.

Nah inilah manfaat dari buah Salak

Menjaga Kesehatan Mata

Penelitian para ahli kesehatan bahwa betakaroten pada salak sangat bagus untuk mata. Nah buat anda yang bosan dengan jus wortel untuk menjaga kesehatan mata bisa ditukar dengan konsumsi jus salak.

Kesehatan Pencernaan

Perlu diketahui bahwa salak adalah salah satu buah dengan kandungan padat nutrisi yang terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten yang bagus bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan tanin pada salak dapat menyembuhkan diare. Selain itu, salak mampu mengobati gangguan pencernaan. Alangkah lebih baik jika konsumsi salak beserta kulit arinya juga ya.

Menguatkan Ingatan

Nutrisi kalium dan pektin pada salak meningkatkan fungsi kognitif tubuh serta meningkatkan daya ingat.

Kontrol Gula Darah

Manfaat buah salak baik untuk anda terhindar dari risiko diabetes. Selain itu, kandungan pterostilbene adalah agen penurun glukosa darah yang mampu mengendalikan diabetes. Tidak hanya buahnya saja, kulit salak juga memiliki manfaat jika dijadikan teh. Teh kulit salak membantu regenerasi sel pankreas yang berfungsi membantu mengontrol diabetes.

Jaga Kesehatan Jantung

Jumlah antioksidan dan mineral tinggi pada salak menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik serta membantu pengaturan air dalam tubuh.

Jaga Imunitas dan Stamina

Buah salak yang kaya akan nutrisi pada meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Khususnya antioksidan yang terdapat pada salak membantu memerangi kerusakan sel serta jaringan mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik yang berbahaya.

Tidak hanya itu, konsumsi dengan porsi teratur dapat mengurangi wasir. Kabar baik nih untuk anda yang tidak mau terkena wasir.

Baik Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah salak sangat baik untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness tapi jangan terlalu banyak ya.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan nutrisi seperti serat dan antioksidan yang tinggi membuat salak menjadi menu diet dan banyak dicari. Selain itu, kalsium serta karbohidrat memberikan energi hingga stamina yang diperlukan tubuh saat menjalani diet.

Itulah manfaat besar yang terkandung pada buah salak. Tetap jaga kesehatan ya dan tetap jalani protokol kesehatan

 

Sumber : CNN Indonesia

 

Kembali ke daftar berita >