August 19, 2022

Ini Panduan Cuci Pakaian Untuk Orang Isoman Di Rumah

Keadaan pandemi di negeri kita tercinta semakin meningkat, banyak orang yang terpapar covid-19 tanpa gejala ataupun gejala ringan. Setiap orang yang mengalami hal tersebut dianjurkan untuk isolasi mandiri (isoman) dengan pemantauan dari dokter serta petugas kesehatan setempat.

Selain pemantauan dari orang-orang berkompeten di bidangnya, ada hal yang harus diperhatikan yaitu rumah memadai untuk isolasi mandiri. Jika rumah kurang memadai untuk isoman namun jika di tempat lain seperti hotel kesulitan, disarankan penderita covid-19 harus memakai masker selam 24 jam serta menjaga jarak dengan keluarga lainnya.

Agar tidak terjadi kluster keluarga, ada beberapa hal yang sangat harus diperhatikan. Salah satunya yaitu mencuci pakaian.

Berikut beberapa panduan untuk mencuci pakaian orang satu rumah yang positif Covid-19, seperti dirangkum dari WHO (Badan Kesehatan Dunia).

  • Cuci pakaian, handuk, dan linen tempat tidur pasien positif covid-19 terpisah dari anggota keluarga lainnya.
  • Disarankan menggunakan sarung tangan heavy-duty sebelum pegang cucian
  • Bawa cucian kotor pada wadah anti bocor seperti tas cucian, ember) yang sudah diberi label. Jangan sekali-kali membawa pakaian kotor dengan menyandarkan pada tubuh anda.
  • Kikis sisa-sisa kotoran (fases, muntahan) dengan benda yang kuat, lalu buang ke dalam toilet setelah itu masukkan cucian ke dalam wadah. Jika tidak ada toilet dalam kamar pasien, sisa kotorannya harus dimasukkan ke dalam ember tertutup dan langsung buang ke dalam toilet.
  • Cuci dan disinfektan cucian kotor. Gunakan mesin pada suhu 60-90 derajat Celcius dan detergen. Alternatifnya, rendam cucian di dalam toong berisi air panas dan sabun. Aduk dengan tongkat agar air tidak terpercik keluar. Jika air panas juga tidak ada, rendam pakaian dengan klorin 0,05 persen selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan biarkan kering di bawah sinar matahari.
  • Ingat jangan lupa cuci tangan setelah selesai mencuci pakaian orang yang terindikasi Covid-19

Lakukan Langkah panduan di atas dengan baik dan seksama. Tak perlu panik tetap semangat, bahwa pandemi Covid-19 dapat kita lalui.

Stay safe and healthy ya

Sumber : CNN Indonesia