November 22, 2022

Pembayaran Serba Digital Bikin Lebih Boros?

Teknologi yang berkembang saat ini mampu memberikan berbagai kemudahan di kehidupan sehari-hari. Khususnya di masa pandemi, yang sedang mengurangi aktivitas di luar rumah. Mulai dari belanja, traveling, menabung, sampai investasi bisa dilakukan secara online. Namun, semua kemudahan dan keuntungan ini justru juga bisa membuat kita lebih boros kalau melakukan beberapa hal berikut:

1. Hobi beli makanan delivery

Membeli makanan online memang membuat kita lebih praktis, terutama saat sedang sibuk. Namun, berbelanja bahan makanan dan masak sendiri akan lebih hemat dan punya nilai lebih dalam hal memasak.

2. Membeli barang hanya sekedar karena 'lucu'

Niat awal hanya ingin scroll barang-barang di marketplace, tiba-tiba terlintas barang yang 'lucu' , langsung membelinya karena pembayaran sangat mudah dilakukan. Kamu bisa meminimalisirnya dengan membuka marketplace / online shop saat ada barang yang dibutuhkan saja.

3. Fitur gadget baru

Kecanggihan fitur pada gadget memang lebih memudahkan kita untuk melakukan beberapa hal. Namun, apabila kamu tidak terlalu membutuhkannya dan membelinya karena hanya sekedar gengsi, apakah harus dibeli juga?

Kalau hal-hal di atas merupakan hal yang sering kamu lakukan, lebih baik kamu merubah kebiasaan tersebut dan bisa menggunakan teknologi dengan lebih bijak, ya!