May 26, 2023

Rahasia 5 Makanan Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan menjadi sebuah tujuan untuk setiap orang yang sedang mengalami kenaikan bobot atau yang sering kita sebut kegemukan.

Pola makan menjadi faktor utama agar tujuan menurunkan berat badan berhasil. Selain itu, harus diiringi dengan tingkat disiplin tinggi dan dapat mengendalikan diri agar tidak tergoda konsumsi makanan atau minuman.

Sudah tentu kita harus mengetahui apa saja jenis makanan harus dihindari seperti makanan tinggi gula, makanan olahan karbohidrat olahan, makanan dengan zat tepung, dan sejenisnya.

Ada rekomendasi dari ahli diet yang dikutip dari Kontan, dimana ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Julia Zumpano mengatakan “Daripada membatasi makanan, sebaiknya berfokus pada makanan bergizi”.

Berikut jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan :

Buah-buahan

Makanan ini menjadi makanan yang wajib anda konsumsi saat berada dalam program menurunkan berat badan. Menjadi pilihan bagus untuk smoothie/makanan ringan yang banyak mengandung vitamin serta antioksidan.

Buah-buahan yang bisa anda konsumsi apel, blueberry, pisang, jeruk, stroberi, dan nanas. Jenis buah-buahan yang tinggi gula alami, namun kunci utamanya yaitu mampu mengontrol porsinya ya.

Sayuran

Selain buah-buahan, jenis makanan yang mampu menurunkan berat badan anda adalah sayuran. Bisa konsumsi bayam, brokoli, kubis, kacang polong, dan kembang kol yang kaya akan serat. Makanan kaya akan serat mampu membuat anda kenyang lebih lama yang memberi dampak mengurangi keinginan makan.

Biji-bijian utuh

Selanjutnya jenis makanan yang anda konsumsi adalah biji-bijian utuh seperti oat, beras merah, quinoa dimana menjadi sumber serat dan protein. Selain membuat anda menjadi kenyang lebih lama, serat dan protein juga menstabilkan gula darah yang semua hal itu tujuannya membantu menurunkan berat badan.

Alpukat

Makanan jenis ini dapat dijadikan untuk mengganti lemak tidak sehat seperti keju pada salad, mayones, bahkan mentega pada roti panggang. Alpukat sangat efektif menurunkan berat badan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, serat, dan air yang sehat.

Menurut penelitian, alpukat juga membantu tubuh kita menyerap vitamin penting seperti vitamin A, D, E, dan K.

Makanan Kaya Kalsium

Terakhir, jenis makanan yang kaya kalsium membantu menurunkan berat badan. Memang kalsium yang ada dalam susu membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, namun juga dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan suhu inti tubuh.

Makanan kaya kalsium juga bisa anda temukan di almond, keledai, kelapa, atau susu gandum ataupun yogurt. Ingat ya! Kelima jenis makanan untuk menurunkan berat badan akan berdampak pada diri anda jika diiringi dengan komitmen dan displin yang kuat.

Selamat mencoba!

Sumber : Kontan.co.id