May 24, 2023

Yuk Cari Tahu Manfaat Mendonor Darah!

Mendonor darah adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyumbangkan darah untuk orang yang membutuhkan dan jatuh sakit, fungsi darah sendiri yaitu mengangkut sari-sari makanan dari usus ke jaringan tubuh, mengatur dan mengontrol temperatur tubuh, hingga mengatur distribusi hormon. Mendonor darah sangatlah dibutuhkan apabila seseorang kehabisan darah, dan tidak jarang orang ragu untuk mendonor darah. Tapi kalian juga harus tau, mendonor darah juga mempunyai manfaatnya sendiri loh. Yuk simak informasinya berikut ini :

1. Menjaga siklus darah

Karena dengan mendonor darah, aliran darah dapat berjalan dengan lancar dan dapat membuat organ-organ pada tubuh menjadi berfungsi dengan baik.

2. Menurunkan jumlah kolestrol

Kolesterol menurun karena sumbatan di pembuluh darah dapat terbuka dan dapat membuat darah dapat mengalir dengan lancar.

3. Menjaga kesehatan mental

Mendonor darah dapat membuat kita jadi lebih berpikir bahwa mendonor darah dapat menolong banyak manusia yang sedang kekurangan darah. Oleh karena itu dapat membantu kita agar tetap hidup sehat dengan mental yang sehat pula.

4. Dapat mengetahui penyakit di tubuh

Saat mendonor darah kita harus pastikan tubuh dan darah pada tubuh sehat, karena dengan darah sehat akan baik untuk di donor. Maka sebelum menyumbang darah kita harus periksa darah kita, jika darah ada penyakit tertentu maka bisa berobat agar bisa terhindar dari penyakit tersebut.

5. Meningkatkan sel darah merah

Saat berdonor darah, kita akan mendapatkan darah baru dari tulang sumsum. Dari hal tersebut akan membuat kita mendapat darah baru dan dapat membantu lebih bugar dan sehat.

Setelah mengetahui manfaat dari mendonor darah di atas, maka diharapkan untuk tidak ragu lagi untuk menyumbangkan darahnya pada orang yang membutuhkan. Organ-organ pada tubuh akan mendapatkan manfaat tersendiri dengan kita berdonor darah, tidak akan rugi jika ingin melakukan donor darah. Maka dari itu yuk jangan ragu untuk berdonor darah