March 13, 2024

Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadan

Pada saat bulan Ramadan ini, kalian pasti tak asing dengan kegiatan puasa. Puasa sendiri adalah saat kita tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam dalam sehari. 

Perlu diketahui ternyata puasa juga mempunyai manfaat baik untuk kalian semua. Manfaat tersebut bisa dirasakan baik secara rohani dan jasmani.

Dan berikut ini ada beberapa manfaat dari berpuasa yang baik untuk Anda :

1. Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting untuk sumber hidup dari kita semua. Bagi yang berpuasa selama satu bulan penuh, mereka cenderung memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah saat dibandingkan dengan orang yang tidak sama sekali berpuasa dikarenakan puasa membuat seseorang lebih bisa mengatur pola makannya menjadi lebih sehat. Ditambah lagi jika Kita minum teh saat berbuka puasa akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan teh mengandung jenis antioksidan yang bernama flavonoid yang bermanfaat melancarkan aliran darah di tubuh kita.

2. Menjaga Pola Makan Malam

Makan terlalu banyak saat malam hari juga bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit , seperti diabetes dan juga kelebihan berat badan, sehingga hal tersebut harus dihindari. Dikarenakan saat malam hari, pencernaan dalam tubuh butuh istirahat dan melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses pembuangan zat-zat beracun keluar dari tubuh ketika berpuasa atau beristirahat, dimana sistem organ tubuh seperti hati, lambung, dan usus beristirahat selama sekitar 12 jam. Ketika berbuka, organ tubuh mampu bekerja dengan lebih baik lagi.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Saat berpuasa, kadar gula darah akan menurun, dikarenakan tubuh kita menggunakan cadangan gula sebagai penyimpanan energi. Puasa bisa mengendalikan kestabilan gula darah pada orang yang tidak mempunyai riwayat diabetes.

4. Menyempurnakan Kesehatan Otak

Manfaat puasa untuk kesehatan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Puasa diketahui dapat mendorong produksi protein yang mendukung perkembangan serta pembentukan saraf. Protein tersebut akan mendorong sel di otak untuk mengeluarkan sel-sel saraf baru sehingga timbul berbagai reaksi kimia yang berdampak baik terhadap sistem kerja otak. Protein itu juga membantu melindungi sel otak dari penyakit.

5. Meningkatkan Sikap yang Baik dan Juga untuk Kesabaran

Yang terakhir, disaat kita sedang berpuasa, kita juga diajarkan untuk bersabar, dikarenakan kita harus menahan hawa nafsu, seperti makan dan minum. Beberapa jam kita tidak makan dan minum tentunya akan menimbulkan emosi dan perasaan yang tidak menyenangkan dalam diri kita. Namun Kita diuji untuk menjadi lebih baik dalam segi sikap dan diajarkan untuk lebih bersabar dalam keadaan tersebut.

Di Bulan Ramadan ini, yuk kita manfaatkan puasa agar memberikan hasil terbaik untuk kesehatan. Akhir Kata : 

“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”

Sumber :

  1. Siloam Hospitals
  2. Kemenkes


Klik banner untuk menuju Halaman Bulan Ramadan bersama Asuransi Sinar Mas