November 11, 2022

Tips Mengatur Keuangan Sesudah Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek sudah terlewati beberapa waktu yang lalu, tentunya banyak persiapan yang dilakukan. Berhubung masih di masa pandemi, perayaan tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski tidak semeriah biasanya karena harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang membatasi kerumunan, sisi positif yang bisa didapat adalah tidak perlu mengeluarkan budget terlalu besar untuk biaya makan malam di restoran atau menyewa hotel untuk menginap bersama keluarga besar. Walau terbilang ekonomis, tentunya masih ada persiapan biaya perayaan kecil-kecilan yang perlu dianggarkan agar pengeluaran tetap terkendali.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Lakukan Pencatatan Keuangan
    Seperti biasanya, untuk melakukan persiapan budgeting pengeluaran, kita perlu membuat daftar pengeluaran apa saja yang dikeluarkan saat acara Tahun Baru Imlek beberapa waktu lalu. Seperti pengeluaran membeli makanan, pernak pernik atau lainnya.

  2. Jangan Lupa Menabung
    Jika Anda masih mendapat angpao atau rejeki dari keluarga dan kerabat. Berbahagialah dan jangan lupa untuk menabung ya. Tidak ada salahnya menabung beberapa “penghasilan” yang didapat saat Tahun Baru Imlek.

Demi menekan angka penularan Covid-19 melalui transaksi uang secara fisik, kita bisa memanfaatkan layanan m-banking atau aplikasi keuangan digital yang menyediakan fitur berbagi angpao. Tetap bijak dalam mengatur keuanganmu ya!

Sumber: superyou.co.id