June 21, 2023

Asuransi Sinar Mas Bersama Asuransi Sumit Oto Berikan Literasi Keuangan di SMA 13 Muhammadiyah Jakarta Barat

Jakarta, 21 Juni 2023 - Dalam rangka mendukung rangkaian program Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Road to BIK yang jatuh pada bulan Oktober 2023, Asuransi Sinar Mas berkolaborasi bersama Asuransi Sumit Oto menyelenggarakan kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Siswa/i SMA 13 Muhammadiyah Jakarta Barat.

“Kita harapkan bahwa dengan kegiatan literasi dan edukasi keuangan ini pemahaman siswa akan lebih baik dan ke depannya, serta lebih banyak lagi masyarakat Indonesia di luar sana yang memahami tentang manfaat dari lembaga-lembaga keuangan di Indonesia khususnya mengenai asuransi. Diharapkan juga semoga para peserta ke depannya menjadi orang-orang yang sadar mengenai pentingnya memproteksi diri dan aset-asetnya,” ungkap M. Haryadi JP. SE, AAAIK. QIP. CRG, Presiden Direktur Asuransi Sumit Oto


Berdasarkan hasil SNLIK tahun 2022, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen. Nilai ini mengalami peningkatan jika dibandingkan hasil SNLIK 2019 yaitu indeks literasi keuangan 38,03 persen dan inklusi keuangan 76,19 persen. Untuk mendukung peningkatan literasi keuangan kepada masyarakat, Asuransi Sinar Mas terus berkomitmen melakukan kegiatan literasi keuangan di berbagai wilayah di Indonesia sesuai yang disampaikan oleh Siany Jontana, AAAIK, Kepala Divisi Agency Network PT Asuransi Sinar Mas:

“Asuransi Sinar Mas terus berkelanjutan dan berkomitmen untuk melakukan kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan, kegiatan ini sudah kami lakukan sejak tahun 2015 dan setiap tahun kami tidak pernah absen untuk melakukan literasi keuangan. Lebih memfokuskan kegiatan literasi ini ke sekolah-sekolah dan mempunyai tujuan untuk memberikan edukasi keuangan sedini mungkin. Kegiatan Literasi yang diadakan di SMA 13 Muhammadiyah ini responnya sangat baik sekali, aktif dan sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi,” ungkap Siany.

Dalam pelaksanaan literasi, peserta diberikan materi mengenai pengelolaan keuangan, pengenalan lembaga keuangan serta pengenalan asuransi secara umum.

Kegiatan literasi ini juga mendapatkan sambutan baik dari pihak sekolah dan para peserta.

“Melalui kegiatan literasi ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas dan Asuransi Sumit Oto telah diberikan wawasan yang lebih luas lagi terutama tentang jasa keuangan di luar jasa perbankan. Harapannya dengan kegiatan ini, Siswa/i di SMA 13 Muhammadiyah Jakarta Barat lebih bijaksana dalam menggunakan uangnya serta bisa menabung sedari dini untuk masa depannya mereka. Dan juga bisa memanfaatkan uangnya lebih baik lagi, terutama dengan menggunakan asuransi yang memang sudah terpercaya,” ujar Madu Nurliasari, Kepala SMA Muhammadiyah 13.

Pada kesempatan ini, Asuransi Sinar Mas juga membagikan celengan impian bagi peserta literasi. Melalui pembagian celengan impian ini, diharapkan peserta akan lebih memiliki kesadaran menabung sejak dini agar dapat mengelola keuangan lebih baik ke depannya.

Asuransi Sinar Mas sejak tahun 2015 telah melaksanakan 93 kegiatan literasi keuangan di berbagai wilayah di Indonesia dan telah membagikan asuransi mikro gratis kepada 131.067 peserta serta 53.312 celengan impian.

Link Pemberitaan :

1. Media Profesi

https://media-profesi.com/v0/blog/2023/07/04/asuransi-sinar-mas-bersama-asuransi-sumit-oto-berikan-literasi-keuangan-di-sma-13-muhammadiyah-jakarta-barat/

2. Top Business

https://www.topbusiness.id/78232/asuransi-sinar-mas-dan-asuransi-sumit-oto-berikan-literasi-keuangan.html