October 13, 2023

Asuransi Sinar Mas Dukung Otoritas Jasa Keuangan untuk Tingkatkan Literasi Keuangan di Desa Air Sempiang, Kabawetan, Bengkulu

Bengkulu, 13 Oktober 2023 - Dalam mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah desa, Asuransi Sinar Mas turut berpartisipasi memberikan literasi keuangan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani di Desa Air Sempiang, Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

Tito Adji Siswantoro selaku Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu juga turut hadir dalam kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan, “Kami dari OJK mendukung peningkatan literasi di berbagai daerah dan saat ini di Bengkulu. Pada kegiatan ini kami melakukan pengenalan khususnya asuransi, karena masyarakat mungkin tahu asuransi tetapi belum mengenal lebih dekat tentang apa itu asuransi. Menurut survey yang pernah kami lakukan, di Bengkulu ini tingkat pemahaman atau literasi mengenai asuransi itu tinggi tetapi untuk membeli produknya rendah. Untuk itu harapan saya, Bapak/Ibu semua tahu dan melek keuangan khususnya asuransi.”

Kegiatan literasi keuangan ini merupakan bagian dari komitmen Asuransi Sinar Mas dalam mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan dan pemberdayaan desa secara terpadu. Literasi keuangan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan kepada masyarakat desa. Kegiatan ini mencakup berbagai aspek literasi keuangan, termasuk perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengetahuan mengenai asuransi.

Dukungan lainnya yang diberikan Asuransi Sinar Mas adalah pemberian asuransi GRATIS kepada peserta literasi keuangan. Sebanyak 100 petani menerima Asuransi Mikro Simas Perlindungan. Simas Perlindungan merupakan produk asuransi mikro yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap risiko kematian akibat kecelakaan yang dijamin oleh Polis, cacat tetap akibat kecelakaan, serta santunan tunai harian. Limit nilai pertanggungan simas perlindungan sebesar maksimal Rp. 25 juta. Inisiatif ini diharapkan akan membantu para petani merasa lebih aman dalam menjalani aktivitas sehari-hari mereka.

Selain itu, Asuransi Sinar Mas juga memberikan 100 celengan impian secara GRATIS. Celengan Impian merupakan celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya.

Bupati Kabupaten Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid.,MM.,IPU, dalam sambutannya mengatakan, “Sebuah kepedulian dari Asuransi Sinar Mas memberi perhatian kepada petani kita. Saya berterimakasih kepada OJK lalu ASM yang memberikan pelatihan bagi petani kami, tentunya ini sesuatu yang perlu kita syukuri, karena perhatian bagi petani kami sungguh luar biasa. Dari pemerintahan Kabupaten Kepahiang juga mengapresiasi yang sangat tinggi, semoga niat baik ini bisa disikapi serta direspon dengan positif pula.”

“Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa sosialisasi mengenai pinjaman online, produk perbankan, kredit, KUR, dsb. Hari ini sosialisasi untuk petani diberikan asuransi gratis dari Asuransi Sinar Mas. Saya sangat senang karena Kabupaten Kepahiang ini mendapat banyak perhatian dari berbagai pihak seperti Bank Indonesia lalu sekarang Asuransi Sinar Mas. Dengan adanya asuransi ini semoga besar manfaatnya, terlebih preminya kecil, hanya Rp 50.000,- pertahun, kartu BPJS saja Rp 28.000,- perbulan. Semoga bantuan ini dapat kami manfaatkan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi perhatian OJK Provinsi Bengkulu dan ASM memberikan manfaat bagi kita semua, apa yang digagaskan hari ini dapat berguna bagi kemaslahatan warga Kabupaten Kepahiang ini.” ujar Hidayattullah .

Widodo Septiadi, Pimpinan Wilayah 2 PT Asuransi Sinar Mas mengatakan, "Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam peningkatan literasi keuangan di Desa Air Sempiang Kabawetan. Melalui literasi keuangan dan pemberian asuransi gratis, kami berharap masyarakat desa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang manajemen keuangan mereka dan merasakan manfaat perlindungan asuransi dalam kehidupan sehari-hari."

Kegiatan literasi ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta literasi dan juga Kepala Desa Air Sempiang Kabawetan yaitu Mugianto.

“Terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas sudah memberikan asuransi gratis kepada 100 petani yang masih produktif dan aktif di desa kami. Kami tidak tebang pilih petani mana yang akan mendapatkan, kami serahkan ke masing-masing perangkat desa yang perlu mendapatkan proteksi tersebut.” ujar Mugianto.

Asuransi Sinar Mas sejak tahun 2015 telah melaksanakan 97 kegiatan literasi keuangan di berbagai wilayah di Indonesia dan telah membagikan asuransi mikro gratis kepada 146.593 peserta serta 68.838 celengan impian.

Pada Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023 ini, selain dukungan kegiatan literasi keuangan, Asuransi Sinar Mas juga turut berpartisipasi dengan memberikan promo menarik untuk pembelian asuransi yang dilakukan secara online melalui website sinarmas.co.id.

Link Pemberitaan:

1. Top Business

https://www.topbusiness.id/83138/asuransi-sinar-mas-dukung-ojk-untuk-tingkatkan-literasi-keuangan-di-desa-air-sempiang.html