April 06, 2023

Asuransi Sinar Mas Membayar Klaim Property All Risks PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sebesar Rp 38.000.000.000,-

Jakarta, 30 Maret 2023 - Kebakaran melanda gudang perusahaan ekspedisi PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Tertanggung PT Asuransi Sinar Mas (ASM) pada September 2022 yang lalu. Gudang tersebut menyimpan berbagai stok produk dari dari pelanggan JNE. Kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik ini menyebabkan kerugian secara materil yang besar. Penanganan pun segera dilakukan oleh Asuransi Sinar Mas atas klaim kebakaran ini.

Asuransi Sinar Mas kembali membuktikan komitmen layanan klaimnya dengan melakukan pembayaran klaim Property All Risks akibat kebakaran kepada PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) senilai Rp 38.000.000.000,- pada tanggal 15 Maret 2023 dan seremonialnya diadakan pada Kamis, 30 Maret 2023.

"Asuransi Sinar Mas telah dikenal dengan komitmen pembayaran klaimnya. Tagline ASM, Jangan Cemas Ada Simas. Selama klaim liable, ASM akan berusaha membayar secepat mungkin, bahkan untuk small klaim dalam waktu seminggu sudah harus diselesaikan. Jika nilai klaim besar dan butuh waktu untuk mengumpulkan data-data, biasanya ASM akan menawarkan pembayaran interm payment, ” ujar Dumasi

“Misalnya dalam case JNE ini, nilai klaimnya Rp 40 Miliar dikurangi Resiko Sendiri Rp 2 Milyar menjadi Rp 38 Milyar. Kita bisa membayarkan misalnya Rp 5 Miliar di awal supaya bisa membantu mereka recovery cepat, tapi dalam case klaim JNE ini, dari pihak JNE meminta bayarnya di belakang saja sekaligus semuanya supaya bayarnya full. Itu sebabnya kita tidak memberikan pembayaran interim. Tapi kita sudah menawarkan. Itu sudah menjadi policy ASM jika ada klaim apalagi besar, kita akan menawarkan dulu bagaimana supaya operasional nasabah bisa cepat bergerak lagi,” lanjut Dumasi kembali.

Pembayaran klaim kebakaran tersebut, mendapatkan respon yang positif dari nasabah, PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

“Jajaran manajemen, karyawan dan stakeholder JNE menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih ke ASM dan Asia Finance Risk (AFR) yang telah membantu di dalam pengurusan klaim asuransi ini. Bagi JNE dengan kompetisi di industri kami yang luar biasa ini , maka dukungan dari vendor dan mitra sangat dibutuhkan. Kami berharap acara ini menjadi sangat strategis buat JNE, AFR dan ASM. Masyarakat dapat menilai bahwa JNE sangat bertanggung jawab. Tagline kami JNE Connecting Happiness, ” ungkap Mohamad Feriadi, Direktur Utama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ASM yang sudah membayarkan penggantian kepada kami. Harapannya tentu kejadian ini tidak terjadi, namun selalu ada kemungkinan-kemungkinan. Dengan bekerjasama dengan AFR dan ASM, kami ingin meminimalkan resiko yang ditimbulkan,” tambah Mohamad Feriadi.

Pihak Asia Finance Risk (AFR) selaku broker asuransi yang menangani asuransi ini juga memberikan respon positif.

“Sejak tahun 2017, Asia Finance Risk (AFR) sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Asuransi Sinar Mas, melalui seremoni pembayaran klaim kebakaran gudang JNE hari ini dapat kami sampaikan bahwa Asuransi Sinar Mas membuktikan komitmennya dalam memenuhi janji apa yang tertera sesuai di dalam polis itu sebagai bentuk tanggung jawabnya Asuransi Sinar Mas, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan semoga ke depannya kerjasama antar kedua belah pihak tetap terjaga dan terjalin semakin baik,” ujar Doddy E.S. Koeswarno, Direktur Utama PT Asia Finance Risk (AFR).

Kecepatan penanganan klaim ASM pun mendapatkan apresiasi dari JNE dan AFR.

“Sewaktu klaim awal terjadi, JNE melapor ke AFR dan ASM pun bertanya kepada AFR. Begitu cepatnya informasi itu dan ASM telah menunjuk loss adjuster, minta survey, ketemu dengan PIC dan meeting. Luar biasa. Kebetulan kami memilih ASM tidak hanya karena perusahaan besar, kami melihat komunikasi dengan semua personel yang ada di ASM terjalin dengan baik sekali. Semua direspon dengan baik dan cepat sehingga semua komunikasi terjalin dengan baik untuk mempercepat klaim yg terjadi,” jelas Doddy E.S. Koeswarno.

“Lebih membuat kami sangat salut dengan ASM karena saat itu kami juga mendapatkan berita adanya tawaran untuk melakukan interim payment. Kami menganggap ini luar biasa sekali,” tambah Mohamad Feriadi.

“Kami selaku klien sangat senang karena komunikasi, koordinasi itu penting dan menjadi kunci yg sangat utama di bisnis dan di era yang serba cepat. JNE harus terus bergerak, tidak boleh layanan kami terhenti sedetik pun karena efeknya akan banyak sekali. Jika proses pengiriman terlambat tentu akan banyak kerugian yang ditimbulkan, bukan hanya untuk JNE tapi juga untuk banyak pihak,” ungkap Mohamad Feriadi.

Property All Risks (PAR) merupakan produk asuransi yang menjamin kerugian dari semua risiko (unnamed perils) atas bangunan dan harta benda, kecuali yang disebabkan oleh risiko yang tercantum di dalam Polis. Untuk proteksi properti, selain PAR , Asuransi Sinar Mas memiliki produk unggulan seperti Industrial All Risks, simas rumah hemat ++, dan simas ruko.

Link Pemberitaan:

1. Warta Ekonomi

https://wartaekonomi.co.id/read490468/asuransi-sinar-mas-membayar-klaim-property-all-risks-pt-jalur-nugraha-ekakurir-jne-sebesar-rp38-miliar

2. Info Bank News

https://infobanknews.com/asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risks-jne-senilai-rp38-miliar/

3. Berita Satu

https://www.beritasatu.com/ekonomi/1035768/asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risks-jne-rp-38-miliar

4. Investor

https://investor.id/finance/326082/asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risks-jne-rp-38-m

5. Media Profesi

http://media-profesi.com/v0/blog/2023/03/31/asuransi-sinar-mas-membayar-klaim-property-all-risks-pt-jalur-nugraha-ekakurir-jne-sebesar-rp-38-miliar/

6. Kontan

https://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risks-ke-jne-senilai-rp-38-miliar

7. Industry

https://m.industry.co.id/read/120385/asuransi-sinar-mas-bayarkan-klaim-propertysebesar-rp-38-miliar-kepada-jne

8. Liputan 6

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5248876/asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risks-kebakaran-gudang-jne-rp-38-miliar

9. SWA

https://swa.co.id/swa/trends/asuransi-sinar-mas-membayar-klaim-jne-senilai-rp-38-miliar

10. IQ Plus

http://www.iqplus.info/news/market_news/ekom-buktikan-komitmen--asuransi-sinar-mas-bayar-klaim-property-all-risk-pt-jne-capai-rp38-miliar,09076375.html

11. Lantai Bursa

https://www.lantaibursa.id/2023/04/36806/