March 14, 2023

Sinar Mas, Asuransi Sinar Mas dan Humbang Kriya Partisipasi Dalam Event KOPIKO F1 Powerboat Di Danau Toba

Balige, 26 Februari 2023 - Indonesia sukses menjadi tuan rumah event KOPIKO F1 Powerboat yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada tanggal 24 - 26 Februari 2023 lalu. Seluruh rangkaian sesi dari latihan, kualifikasi, hingga race berjalan dengan lancar. F1 Powerboat merupakan kejuaraan dunia yang telah diselenggarakan di 39 negara sejak tahun 1984. Tahun 2023 ini, Indonesia mendapat kesempatan pertama kali sebagai penyelenggara event balapan kelas dunia ini.

Sinar Mas turut berpartisipasi menjadi sponsor dalam ajang balapan kendaraan air yang diikuti oleh 20 pembalap dari berbagai negara. Dalam pameran yang berlangsung selama event, Sinar Mas yang diwakili oleh PT Asuransi Sinar Mas menampilkan berbagai produk asuransi unggulan seperti simas mobil, simas travel, simas mikro dan lain-lain. Pada booth juga ditampilkan produk UMKM binaan yaitu Humbang Kriya.

Humbang Kriya merupakan hasil produk UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Humbang Kriya terdiri dari Humbang Shibori, Tenun Songket Humbang, Humbang Batik, Humbang EcoPrint, Baion Humbang dan Hirang Humbang yang dibuat oleh para artisan di Kawasan Dolok Sanggul, Matiti, Parsingguran dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Humbang Kriya menggunakan konsep eco fashion di dalam proses pembuatannya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sinar Mas, stakeholders serta President Office Sinar Mas yang terus menunjukkan cintanya untuk negeri kita tercinta Indonesia ini, melalui banyak hal yang sudah dilakukannya. Salah satunya yaitu baru-baru ini menjadi sponsor dalam perhelatan pertama F1 Powerboat di Danau Toba ini. Mudah-mudahan ke depannya Sinar Mas terus diberkati sehingga dapat terus memberikan sumbangsih untuk membantu negara untuk lebih dipandang lagi oleh dunia,” ujar Dumasi MM Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas yang turut hadir di lokasi acara .

“Dengan adanya acara F1 Powerboat ini bisa meningkatkan ekonomi UMKM di sekitarnya, karena acara tersebut dihadiri kurang lebih 20 ribu orang yang antusias untuk melihatnya.” ungkap The Tjun Hau, Komisaris Utama Bank Nano Syariah.

F1 Powerboat ini dimenangkan oleh pembalap asal Polandia dari Tim Stromoy Racing F1H2O, Bartek Marszalek. Kemenangan Marszalek berhasil diraih setelah memulai balapan dari pole position yang sekaligus menjadi kemenangan pertamanya sepanjang karir F1 Powerboat.

InJourney, event organizer yang membantu menyelenggarakan event KOPIKO F1 Powerboat ini turut memberikan respon yang positif yaitu:

“Penyelenggaraan KOPIKO F1 Powerboat juga telah memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Salah satunya dapat dilihat dari penginapan (homestay) yang tidak hanya terisi penuh di Balige, namun hingga wilayah Prapat. Selain itu, banyaknya UMKM yang ikut berpartisipasi dan menerima manfaat dari KOPIKO F1 Powerboat. Event ini merupakan perhelatan internasional yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat dan juga disiarkan di puluhan negara dunia dengan berpotensi kurang lebih 180 juta penonton di seluruh dunia, sehingga perhelatan ini jadi ajang untuk mengekspos Danau Toba ke mata dunia,” ungkap Dony Oskaria, Direktur Utama InJourney.