Guide Klaim Lainnya

Informasi Klaim yang Kamu Butuhkan

Informasi mengenai pengajuan klaim asuransi selain kendaraan bermotor dan kesehatan, meliputi :
- Informasi Layanan Klaim Lainnya
- Prosedur Pengajuan Klaim Lainnya
- Download Form Klaim Lainnya

Kontak Pusat Layanan Klaim Lainnya :

Plaza Simas
Jl. KH Fachrudin No. 18
Jakarta 10250, Indonesia
Telp. 021 2918 9999
         021-5050 7888
         021-2356 7888 (24 Hour Customer Care)
E-mail : KlaimNonMBU@sinarmas.co.id

DOKUMEN PENDUKUNG STANDAR KLAIM LAINNYA
 

PROPERTY ALL RISK

  1. Surat tuntutan klaim kepada Asuransi Sinar Mas
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor Asuransi Sinar Mas
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor Asuransi Sinar Mas
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  6. Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi
  7. Polis asli dalam kondisi Total Loss
  8. Laporan polisi untuk kasus kriminal
  9. BMG atau Laporan Badan Meteorologi dan Geofisika untuk kejadian bencana alam, seperti petir, angin topan, badai dan lain-lain
  10. Kliping kejadian dari media massa jika ada
  11. Kwitansi asli jika penggantian secara reinstatement

 

Bangunan:

  1. Copy IMB atau Izin Mendirikan Bangunan untuk mengetahui usia bangunan
  2. Gambar konstruksi bangunan berikut detail ukurannya
  3. Penawaran biaya pembangunan dari kontraktor

 

Isi atau Perabot:

  1. Daftar perabot yang rusak dan yang masih baik
  2. Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan untuk perabot elektronik
  3. Kwitansi pada saat pembelian perabot dulu untuk mengetahui usia perabot
  4. Penawaran harga perabot dari supplier atau toko

 

Stok:

  1. Stok opname terakhir sebelum kejadian
  2. Stok opname sesudah kejadian
  3. Daftar stok yang rusak dan yang masih baik
  4. Stok opname atau kwitansi jual-beli 3 bulan terakhir sebelum kejadian
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir sebelum kejadian

 

Mesin:

  1. Kartu atau sertifikat garansi
  2. Catatan perawatan mesin selama 3 bulan terakhir sebelum kejadian
  3. Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan mesin
  4. Kwitansi pada saat pembelian mesin dulu untuk mengetahui usia mesin
  5. Penawaran perbaikan mesin dari supplier atau repairer

 

MARINE CARGO

Pengangkutan Darat :

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  6. Polis asli
  7. Surat jalan.asli
  8. Invoice asli
  9. Packing list
  10. Berita acara serah terima barang yang ditanda-tangani oleh pihak pengangkut dan penerima
  11. Laporan polisi untuk kecelakaan lalu lintas dan kasus kriminal
  12. Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya

 

Pengangkutan Laut / Kapal :

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  1. Polis asli
  2. Surat jalan.asli
  3. Invoice asli
  4. Packing list
  5. Berita acara serah terima barang yang ditanda-tangani oleh pihak pengangkut dan penerima
  6. Bill of Lading asli
  7. SP2K atau Surat Penyerahan Peti Kemas
  8. Surat keterangan dari Kapten Kapal yang disahkan oleh Syahbandar terdekat jika terjadi kecelakaan atas kapal
  9. Laporan polisi untuk kasus kriminal
  10. Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya

 

Pengangkutan Udara / Pesawat:

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  1. Polis asli
  2. Surat jalan.asli
  3. Invoice asli
  4. Packing list
  5. Berita acara serah terima barang yang ditanda-tangani oleh pihak pengangkut dan penerima
  6. Airways Bill asli
  7. Laporan polisi untuk kasus kriminal
  8. Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya

 

HEAVY EQUIPMENT

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Polis asli dalam kondisi Total Loss
  6. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  7. Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi
  8. Maintenance record
  9. Penawaran biaya perbaikan dari repairer
  10. Penawaran harga baru atas unit yang diklaim pada saat kejadian
  11. Copy log book
  12. Laporan polisi untuk kasus kriminal
  13. Kwitansi asli jika penggantian secara replacement

 

MACHINERY OR ELECTRONIC BREAKDOWN

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Polis asli dalam kondisi Total Loss
  6. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  7. Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi
  8. Maintenance record
  9. Kartu atau sertifikat garansi
  10. Kwitansi pada saat pembelian mesin dulu untuk mengetahui usia mesin
  11. Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan mesin
  12. Penawaran biaya perbaikan dari repairer
  13. Penawaran harga baru atas unit yang diklaim pada saat kejadian
  14. Laporan polisi untuk kasus kriminal
  15. Kwitansi asli jika penggantian secara replacement

 

BURGLARY

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  6. Laporan polisi asli
  7. Kwitansi pada saat pembelian barang untuk mengetahui usia barang
  8. Daftar barang-barang yang hilang dengan detail usia, spesifikasi dan harga
  9. Penawaran harga dari supplier
  10. Kwitansi asli jika penggantian secara reinstatement

 

Stok:

  1. Stok opname terakhir sebelum kejadian
  2. Stok opname sesudah kejadian
  3. Daftar stok yang rusak dan yang masih baik
  4. Stok opname atau kwitansi jual-beli 3 bulan terakhir sebelum kejadian
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir sebelum kejadian

 

MONEY INSURANCE

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  6. Laporan polisi asli

 

Cash in Safe:

  1. Laporan keuangan terakhir sebelum kejadian
  2. Laporan keuangan setelah kejadian
  3. Laporan pemasukan uang ke Brankas atau Anjungan Tunai Mandiri terakhir sebelum kejadian
  4. Kartu spesifikasi Brankas atau Anjungan Tunai Mandiri jika Brankas atau mesin ATM dijamin polis
  5. Kwitansi asli perbaikan atau pembelian jika Brankas atau mesin ATM dijamin polis

 

Cash in Transit:

  1. Copy KTP atau identitas orang yang membawa uang
  2. Surat tugas
  3. Laporan keuangan terakhir sebelum kejadian
  4. Laporan keuangan setelah kejadian
  5. Laporan pencatatan atas uang yang dibawa oleh orang dimaksud

 

LIABILITY

  1. Surat tuntutan klaim kepada ASM
  2. Formulir klaim yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Tertanggung
  3. Laporan survey dari Surveyor ASM
  4. Foto-foto kerugian dari Surveyor ASM
  5. Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari Tertanggung
  6. Surat tuntutan dari pihak ketiga kepada Tertanggung
  7. Detail obyek yang di klaim oleh pihak ketiga
  8. Catatan pemeriksaan berkala untuk gedung yang ada pengelolanya

 

Bodily Injury:

  1. Surat keterangan dokter yang menjelaskan luka fisik yang dialami Tertanggung
  2. Keterangan laboratorium
  3. Foto roentgen
  4. Kwitansi asli biaya pengobatan

 

Material Damage:

  1. Detail kerugian yang dituntut oleh pihak ketiga
  2. Bukti kepemilikan atas barang yang diklaim
  3. Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan untuk barang elektronik
  4. Penawaran harga dari supplier atau toko
  5. Penawaran harga dari bengkel untuk klaim kendaraan
  6. Kwitansi asli jika penggantian secara reinstatement/ replacement

ters

ters

ters

ters

ters

ters

Silahkan klik link dibawah untuk membagikan informasi produk ini ke keluarga dan rekan-rekan Anda.