January 12, 2024

Jangan Panik Hadapi Gempa Bumi, Yuk Kita Simak Tata Cara nya

Saat anda menghadapi gempa bumi, tentunya sebagian besar dari anda pasti mengalami yang namanya rasa panik. Panik adalah sebuah aksi dimana kita merasa kaget dan takut untuk menghadapi suatu hal atau kejadian. Dikarenakan gempa bumi merugikan, maka anda pasti merasakan yang namanya panik. Saat ini, kami memberikan rangkaian tata cara yang baik dan benar agar anda tidak panik saat menghadapi gempa bumi.

1. Saat Berada di Kantor atau Rumah

Jika sedang bekerja di dalam ruangan, dan anda terjebak dalam ruangan tersebut, hentikan pekerjaan dan aktivitas anda segera. Setelah itu, cara yang harus anda lakukan adalah dengan cara menjauhi kaca, dikarenakan kaca mengandung serpihan bahan tajam yang bisa membuat anda terluka. Bukan hanya kaca yang patut diwaspadai, melainkan benda lain seperti rak tinggi dan perabot besar lain harus juga membahayakan dan patut untuk diwaspadai. Jika ada benda yang bisa melindungi kalian seperti tas, telapak tangan, buku, dan benda lainnya yang serupa bisa dipakai untuk melindungi diri dari puing kaca dan juga benda yang berjatuhan ke arah kalian. Berlindung di bawah meja atau furniture yang cukup kuat dengan posisi berlutut untuk melindungi tubuh dari jatuhan benda. Saat anda berada di dalam rumah, lindungi kepala dengan bantal. Matikan kompor juga perlu untuk mencegah kebakaran.

2. Saat Berada di Gedung Mall

Di gedung mall, seperti bioskop, tempat bermain, dan juga setiap lantai di mall dihimbau untuk jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan itu sendiri. Dan tentunya kita harus mengikuti seluruh petunjuk dari petugas atau satpam, yang biasa kita harus memakai tangga darurat, serta ke assembly point atau luar mall dengan tempat yang terbuka.

3. Saat Mengendarai Kendaraan di Jalan

Berhenti mengendarai kendaraan adalah cara yang baik dalam menyelamatkan diri dari gempa bumi. Mencari tempat yang bebas dari tiang listrik dan bangunan tinggi seperti underpass, jembatan adalah solusi dikarenakan saat benda tersebut jatuh, bisa menghancurkan kendaraan dan sekitar anda. Pinggirkan mobil di kiri jalan dan berhentilah. Hentikan mobil di tempat terbuka. Serta Ikuti instruksi dari arahan di radio mobil jika sedang membawa mobil. Ketika diarahkan untuk mengungsi dan lari, maka keluarlah dari kendaraan anda dan cari tempat yang aman.

4. Saat Berada di Dekat Laut dan di Pantai

Jikalau anda berada di sekitar laut, seperti di tebing atau di pantai saat gempa bumi terjadi, gelombang tsunami akan tercipta, maka potensi tsunami akan terjadi lebih besar. Jika anda ada di sekitar laut, carilah dataran tinggi atau yang jauh dari laut agar tidak terkena dampak siraman air tsunami yang mengancam.

5. Saat Berada di dalam Lift

Jika anda berada dalam gedung yang ada lift, naik lift disaat getaran gempa bumi adalah sebuah kesalahan, dikarenakan saat lift jatuh, maka nyawa akan terancam. Disarankan menggunakan tangga darurat untuk menyelamatkan diri, dan arahkan diri anda ke tempat evakuasi atau assembly point yang sudah diarahkan. Dan ketika anda terjebak dalam lift, hubungi telpon darurat dengan menggunakan tombol darurat di lift.

Gempa bumi adalah bencana alam yang datang secara tiba-tiba, dan tentunya kita memerlukan tata cara untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi. Sudah simak cara berikut agar terhindar dari gempa bumi? Yuk kita upayakan cara tersebut dalam kehidupan kami agar bisa terhindar serta terselamatkan dari bencana alam yang membahayakan ini.

Jika anda ingin lebih tahu tentang jenis dari gempa bumi, mari simak artikel perbedaan antara gempa bumi tektonik dan vulkanik.


Produk Kami

Simas Rumah Hemat ++


Sumber : BNPB, Detik, Halodoc